Tips Mencari Jodoh

tips mencari jodoh

Tips mencari jodoh ini sengaja kami sajikan bagi kamu yang sedang serius mencari jodoh. Bicara tentang jodoh selalu menarik untuk dibahas, karena setiap orang pasti mendambakan berjodoh alias berpasangan. Mana ada orang yang mau menjomblo sampai mati. Pastinya tidak ada. Kami pun sering menerima curhatan dari para pembaca seputar jodoh. sebagian dari mereka curhat bagaimana caranya supaya segera dapat jodoh karena usia “mereka sudah memasuki “kepala tiga”.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan jodoh sesuai tuntunan syariat islam? Inilah yang akan kami bahas dalam tips mencari jodoh. Tulisan ini mengajak kamu untuk meniti jalan sunnah dalam mencari dan menjemput jodoh. Jalan menjemput jodoh dengan menjaga kesucian dan kehormatan diri. Jalan yang menjaga keseluruhan dan kemurnian cinta.

Jalan mencari jodoh yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw. Jalan yang insya Allah akan mengantarkanmu pada jodoh terbaik. Jalan yang insya Allah akan mengantarkanmu pada cinta yang dirahmati dan diridhai Allah. Jalan yang insya Allah akan membawamu pada rumah tangga sakinah, mawaddah, dan warahmah.

Betapa pentingnya jodoh kita, sehingga kita pun harus berusaha mencarinya dengan sungguh-sungguh agar jodoh yang kita dapatkan jodoh yang baik. Berikut ini adalah tips mencari jodoh:

1. Perbaiki Diri dari Aspek Ruhiyah

Dimulai dari niat karena Allah, mencari jodoh yang baik juga dimulai dari sendiri. Jika kita menginginkan jodoh yang baik, sholeh, dan taat agama maka terlebih dahulu kita yang harus baik, sholeh dan taat agama. Ilustrasinya sangat jelas dalam al-Quran:

“Seorang lelaki pezina tidak boleh menikah kecuali dengan wanita pezina atau wanita musyrik. Seorang wanita pezina tidak boleh menikah kecuali dengan lelaki pezina atau lelaki musyrik” (QS An Nur: 3).

Dalam konsep Islam, manusia pasti tidak luput dari dosa dan khilaf, namun mereka yang bertaubatlah yang akan mendapat ridho Allah termasuk dalam urusan jodoh.

2. Perbaiki Diri Secara Fisik

Ketampanan dan kecantikan adalah relatif. Kekurangan yang bersifat fisik bukanlah kendala selama kita bisa mengemasnya. Kebersihan diri, pakaian rapih, rambut yang tertata dan hal-hal lain yang bersifat fisik bisa kita perbaiki untuk menambah nilai tambah anda. Setidaknya usahakan bahwa Anda menjaga kebersihan tubuh, rapih dan nyaman dipandang. Bukankah kebersihan juga bagian daripada iman?

3. Mulailah Mencari Target

Ini adalah langkah terpenting, kita harus memikirkan dimanakah kita mencari jodoh kita? Dengan cara apa kita menemukan mereka?

Jika kita inginkan jodoh yang baik, carilah di tempat yang baik pula. Misal di majelis taklim, pengajian, organisasi islami, anak sekampung atau sedesa yang sudah kalian kenal, dsb

Atau bisa juga kita cari di dunia maya, misal di forum-forum, sosmed facebook, tweeter, dan lain sebagainya. Anda tak perlu menutup diri dari dunia maya, walaupun harus tetap hati-hati. Dunia maya melalui sosmed, misalnya, juga banyak digunakan oleh orang baik. Bukankah suatu hal yang bisa terjadi jika Anda menemukan jodoh melalui facebook atau twitter?

4. Ta’aruf atau Berkenalan

Bagi Anda yang sudah menemukan target jodoh Anda, selanjutnya adalah mengenalnya lebih jauh terutama tentang karakter dan sifat-sifatnya. Sebelum memutuskan untuk menikah kenalilah ia. Apakah ia nyaman dan cocok dengan Anda, bukan semata berkaitan dengan agama. Jangam sampai keluarga Anda kandas kelak atau Anda merasa tidak bahagia karena salah mengenali sang calon.

Sangat dianjurkan bagi Anda untuk meminta referensi dari orang yang mengenalnya seperti teman atau saudaranya terkait sifat dan akhlaknya. Apakah ia orang sholeh/sholehah, bagaimana ia memperlakukan kedua orang tua? Dan hal lain yang ingin Anda tanyakan.

Jalanilah proses ta’arif dengan sebaik-baiknya dan tidak terburu-buru, karena ini menyangkut bahtera kehidupan yang akan Anda jalani selanjutnya.

5. Doa

Sudah jelas, sebagai seorang mukmin tentu saja tak bisa lepas dari doa. Rasulullah menganjurkan kita untuk senantiasa berdoa dalam segaala uusan karena doa adalah senjata orang Islam. Mengenai doa mencari jodoh, silahkan sobat bisa baca lebih lanjut di doa minta jodoh.

Semoga tips atau cara mencari jodoh yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda, dan semoga Anda segera mendapatkan jodoh idaman Anda.😀