Menjemput Jodoh dengan Shalat dan Doa

doa dan shalat meminta jodoh

Menjemput jodoh itu dengan sabar dan shalat, bukan dengan pacaran. Sabar dan shalat akan mendatangkan pertolongan Allah (QS. Al-Baqarah: 45). Jika Allah telah menolong, semuanya akan menjadi mudah. Termasuk dalam urusan jodoh. Allah akan berikan jodoh terbaik bagi kamu, bagi dunia dan akhiratmu. Mantap bukan? Jadikan shalat sebagai solusi menjemput jodoh, lalu bersabarlah menanti datangnya jodoh tersebut.

Terus, apakah cukup dengan shalat aja, nggak perlu usaha nyari? Bentar ya, penjelasannya belum selesai sob!😀. Sabar dan shalat ini pondasinya. Modalnya. kalau kamu buka usaha, mesti perlu modal dulu tuh. Nah, begitu pula dalam menjemput jodoh, kamu perlu modal terbaik. Dalam hal ini, sabar dan shalat adalah modal terbaik yang mesti kamu miliki. Baca juga: Modal Nikah Bukan Uang. Baca lebih lanjut

Cinta dan Godaan Setan

cinta dan godaan setanDi sepanjang hidup kita tidak kan pernah lepas dari godaan setan. Apalagi yang sedang mencari jodoh. Mengapa? Karena itu sudah menjadi kesepakatan antara Allah dan iblis sejak manusia pertama kali diciptakan. Allah yang murka karena iblis telah membangkang dan tidak mau melaksanakan perintah-Nya untuk bersujud kepada adam bersama-sama malaikat, lantas mengusir iblis dan mengeluarkannya dari surga. Iblis lalu mengajukan permintaan agar dia dan seluruh keturunannya diberikan umur panjang hingga hari kiamat tiba. Iblis pun berjanji akan menggoda, membujuk, dan menyesatkan setiap anak cucu Adam agar sama-sama disiksa dan dimasukan ke dalam neraka. Seperti firman Allah berikut:

“Iblis menjawab: ‘Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benaar-benar akan (menghalangi-halangi)mereka dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)'” (QS. Al-A’raf: 16-17)

Baca lebih lanjut

Shalat Sunnah Dua Rakaat Di Malam Pertama

shalat malam pertamaIni adalah seri pelengkap dari tips malam pertama. Agar malam pertama diliputi keberkahan, Rasul mengajarkan kepada pengantin baru untuk melakukan shalat sunnah dua rakaat di malam pertama. Rasul bersabda,

“Ketika pengantin telah bersanding, maka si suami dianjurkan untuk melakukan shalat yang diikuti istrinya di belakang suami. Lalu si suami membaca doa, ‘Ya Allah, berkahilah aku terhadap istriku, dan berkahilah istriku terhadap aku. Ya Allah anugerahkanlah mereka dariku. Ya Allah, himpunkanlah kami berdua dalam kebajikan, dan jika Engkau memisahkan kami, pisahkanlah juga dalam kebajikan.'” (HR. Ath-Thabrani)

Baca lebih lanjut

Nikah Muda, Kenapa Tidak?


menikah mudaLho koq
menikah muda? Ya, ini pilihan sih. Tapi, kalau sudah siap sejak muda, ngapain nunggu lama-lama untuk menikah. Kisaran nikah muda itu di usia 22-25 tahun. Biasanya 22 tahun itu usia lulus kuliah. Jika mempersiapkan diri dengan baik saat kuliah, insya Allah kamu telah siap untuk menikah. Kalau belum siap di usia 22 tahun, bolehlah di usia 23-25 tahun. Karena, Nabi Muhammad saw., menikah saat usia 25 tahun. Baca tulisan lain: Hukum Menikah Muda.

Banyak keuntungan menikah muda. Tetapi, tentu saja dengan catatan yang bersangkutan sudah mempersiapkan diri dengan baik. Beberapa keuntungan menikah mudah diantaranya; Baca lebih lanjut

Apa Adanya, Gue Judes dan Galak

cowok dan cewek jutek

“Gue emang judes, mau apa lu? Kalau gue galak, masalah buat lu? Udah tau gue keras orangnya…”

Pernahkan Anda mendengar seorang wanita atau pria berkata seperti kutipan di atas atau yang sejenisnya? Perhatikan hal ini terutama bagi yang sedang mencari jodoh.

Semua perkataan tersebut adalah ungkapan perasaan seseorang yang jujur dan sadar akan karakter yang dimilikinya. Sadar bahwa ia judes, galak, keras, ceplas-ceplos, jutek, dan sebagainya. Hanya saja, mereka tidak menyadara bahwa semua karakter tersebut adalah kekurangab. Mereka seolah-olah merasa bangga dengan karakter tersebut, karena tidak ada upaya untuk nemperbaiki tatapi malah membuat “pengumuman” sedemikian rupa. Tidakkah mereka menyadari , ungkapan kata-kata tersebut justru membuat lawan jenis pada ngacir? Baca lebih lanjut

Mengusap Kening Istri di Malam Pertama

mengecup kening istri di malam pertamaDalam tips malam pertama yang sudah kami jelaskan sebelumnya, dijelaskan bagaimana sobat “membajak di ladang” yang baru saja dihalalkan dalam bingkai pernikahan yang suci dan sakral. Dalam tulisan ini akan dibahas tentang bagaimana malam pertama dilalui sebagaimana yang disunnahkan oleh Rasulullah saw, yang salah satunya adalah mengusap kening istri di malam pertama.

Salah satu aktivitas pemanasan yang di sunnahkan Rasul saw. adalah mengusap kening istri dan mendoakannya dengan keberkahan, kemudahan, dan doa-doa ma’tsur lainnya. Doa tersebut diantaranya, diriwayatkan Imam Bukhori bahwasannya Rasul bersabda, Baca lebih lanjut

Taaruf Yuk!

arti dan taarufApa itu taaruf? simak aja dulu tulisan ini sampai tuntas, entar juga ngerti😀. Jika kamu sedang mencari jodoh dan sudah menemukan perempuan yang cocok untuk dijadikan pasangan hidup, jangan malah nyatain cinta dan pacaran, sob! Nggak bener itu. Terus gimana dong? Jalan yang bener adalah taaruf. Taaruf adalah proses mengenal calon pasangan yang akan kita nikahi. Namun, jangan disalahartikan makna taaruf ini. Kamu ngobrol dengan dia tanpa didampingi mahramnya. Apalagi kalau sambil jalan-jalan berdua. Ini taaruf yang keliru. Baca lebih lanjut

Nggak Pede Deketin Lawan Jenis

nggak pede deketin lawan jenisNggak pede deketin lawan jenis. Tulisan ini buat yang sedang mencari jodoh. Sebagian orang mengalami masalah yang satu ini. Salah tingkah, gugup, keringat dingin, dan serba salah ketika bersebelahan, berdekatan, berbicara, atau bertatapan dengan lawan jenisnya. Tidak peduli ia seseorang yang periang, pemberani, banyak bicara, atau pecicilan sekalipun, begitu menghadapi lawan jenis ia langsung berubah 180°. Apakah Anda termasuk jenis seperti ini? Baca lebih lanjut

Resiko Cari Jodoh dengan Cara Pacaran

bahaya dan resiko pacaranSahabat, jangan pernah berharap mendapatkan jodoh yang baik dengan pacaran. Justru pacaran itu sangat beresiko. Wow, mungkin sahabat menganggap pernyataan itu terlalu fanatik. Tapi sebaiknya sahabat baca dulu tulisan ini sampai tuntas agar isa menilai tulisan ini dengan lebih bijak. Setelah itu, kesimpulannya kami kembalikan kepada para pembaca.😀 Baca lebih lanjut

Cara Komunikasi Mencari Jodoh

cara berkomunikasi mencari jodoh“Dialah yang menciptakan kalian dari diri yang satu dan dari padanya Dia menciptakan istrinya, agar dia merasa senang kepadanya.” (QS. Al-A’raf: 189)

Kunci penting dalam membina sebuah hubungan adalah komunikasi, termasuk dalam mencari jodoh. Berkomunikasi tidak melulu terjalin melalui percakapan atau bahasa verbal. Berkomunikasi bisa dilakukan dengan bahasa tubuh seseorang seperti lambaian tangan, senyuman, lirikan, sikap berdiri, ekspresi wajah, dan lain srbagainya. Dari bahasa tubuh seseorang, kita dapat membaca apa yang sedang dipikirkannya, termasuk perasaannya terhadap kita. Baca lebih lanjut

Indahnya Jatuh Cinta

indahnya jatuh cinta

Pernahkah Anda jatuh cinta? kalau tidak pernah coba tanya pada teman yang pernah merasakan indahnya jatuh cinta. Jatuh cinta itu rasanya aneh dan membuat kita sedikit gila. Senyum-senyum sendiri, jantung berdebar-debar, melamun, serba salah tingkah, hingga galau. Tapi itulah kerja otak manusia. Cinta membuat kita seperti terhipnotis menjadi bahagia, ceria, dan penuh semangat. Sekiranya saja energi jatuh cinta ini bisa ditransfer kepada seseorang yang sedang sakit, insya Allah akan mempercepat kesembuhannya. Maka, perjuangan mencari jodoh (cinta) tak pernah surut di tengah-tengah manusia.

Coba bandingkan dengan sikap seseorang yang sedang patah hati, entah karena putus cinta atau ditolak cinta. Sungguh kontras bukan? Sedih, murung, tidak bersemangat, kecewa, putus asa, gagal, menangis, hampa, dan depresi adalah hal-hal yang dirasakan oleh mereka yang dilanda patah hati. Bahkan ada yang berusaha bunuh diri lantaran tidak sanggup kesedihan yang ia rasakan. Baca lebih lanjut

Arti dan Kekuatan Cinta

arti dan kekuatan cintaCinta. Seringkali kita mendengar istilah tersebut. Walaupun demikian, untuk mendefinisikan arti kata cinta tidaklah mudah. Itu karena cinta memiliki pengertian yang luas. Ada cinta antara manusia dengan Allah, suami dan istri, orangtua dan anak, atau antara sepasang kekasih. Dalam hal ini, tak sedikit pula orang yang mencari cinta (mencari jodoh). Tapi ada juga jenis kecintaan terhadap benda tertentu seperti harta, hewan, tanaman, dan lain sebagainya.

Jika didefinisikan, mungkin cinta itu adalah perasaan seseorang terhadap orang, subyek, atau benda lain yang membuatnya merasa ingin memiliki, memperhatikan , menyayangi, melindungi, mematuhi, mengorbankan diri, dan melaksanakan apapun yang diinginkan oleh obyek tersebut. Baca lebih lanjut

Jodoh, Antara Gelisah dan Surga

puisi jodohResah dan gelisah terpendam di sanubari

Mencari jodoh gelap penuh misteri

Pedihnya hati dihujam rasa sepi terpancar dari kesendirian ini

Semakin remuk batin saat mereka berkata kapan janur kuning dipasang di sisi jalan

Bukan inginku jodoh yang dinanti tak kunjung datang!

Hampir setiap saat waktu dan tempat kumaki dan kutanya, dimana ia berada?

Tetapi semua tak ada tanda-tanda keindahan, tak ada petunjuk seseorang yang akan kudekap.

 

Sialan!

Waktu semakin berjalan cepat

Diri ini semain tampak tak elok dirayapi detik-detik

Karna keriput, semakin jauh mereka yang bisa kupikat

Semakin tak kuterima, semakin putus asa, semakin tampak seram wajah ini.

 

Semua berujung pada tawakal

Resah terobati, harapan masih ada

Allah melarang putus asa, dan meminta hamba tak berhenti berdoa

Hingga suatu saat keindahan itu niscaya kudapat

Walau bukan dari jodoh, keindaham bisa ku dapat di surga

Ketika Pasangan Kita tak Sempurna

saat suami berbuat kesalahan

Setelah menikah dan usai sudah mencari jodoh, Anda akan tahu ternyata pasangan kita tidaklah sempurna. Tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya, banyak kekurangan yang selama ini belum terlihat. Dulu awal perkenalan belum tampak kejelekan dan kekurangan, namun kini mulai tampak jelas. Tidak sedikit yang kecewa dan merasa salah memilih jodoh. Akan tetapi, itulah kehidupan. Realitas yang kita hadapi tidak selalu seindah impian.

Dalam hidup ini, tidak ada suami maupun istri sempurna dan ideal yang tak luput dari kesalahan serta kekurangan. Orang yang mendambakan pasangan hidupnya tak pernah salah, sejatinya adalah manusia utopis dan mustahil menemukan sosok ideal seperti itu. Kunci kebahagiaan berumah tangga justru ada pada kesediaan untuk memahami dan menerima kekurangan pasangan hidup, untuk selanjutnya disikapi dengan bijak dan diperbaiki bersama demi terciptanya kesempurnaan dan kebahagiaan hidup. Baca lebih lanjut

Katanya, Lulusan Kuliah Jurusan Ini Cepat Dapat Jodoh

kuliah sambil cari jodohLulusan kuliah jurusan ini cepat dapat jodoh – Setiap orang mendambakan jodoh yang mendekati sempurna, yang baik hati, ganteng/cantik, pinter, sukses, dan berpendidikan.

Dalam mencari jodoh atau mungkin memilih jodoh, seringkali orang juga melihat lulusan kuliah jurusan tertentu karena dianggapnya sosok yang cerdas, keren, dan bermasa depan cerah. Di bawah ini beberapa jurusan kuliah yang dianggap lulusannya laris dan menjadi menantu idaman, serta dianggap cepat dapat jodoh: Baca lebih lanjut

Kesiapan Menjemput Jodoh

Satu hal yang mungkin dilupakan oleh para pejuang pencari jodoh, yaitu kesiapan menjemput jodoh! Ya, kita mungkin disibukkan dengan mempelajari tips mencari jodoh, tapi kita lupa sesuatu yang sangat penting dan mendasar, yaitu diri kita sendiri.

Jodoh itu datang ketika kamu siap, bukan ketika kamu ingin. Dan ketika keduanya siap, bukan cuma salah seorang. Ya, keduanya siap.

Logikanya, selain kamu, di luar sana juga banyak yang sedang cari jodoh. Beruntung bukan, jika yang orang cari itu ternyata kamu. Jika kita sudah menyiapkan diri, maka bukan hal yang sulit jika orang yang sedang mencari jodoh itu menemukanmu. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai persiapan diri menjemput jodoh: Baca lebih lanjut

Jodohmu Memiliki Kesamaan dengan Dirimu

jodohmu memiliki kesamaan denganmu

Jodohmu memiliki kesamaan dengan dirimu – Apakah Anda merasa kesulitan mengetahui siapa jodoh Anda, oleh karenanya Anda belum juga menemukan jodoh yang diidamkan. Ya, pasti sulit karena jadoh adalah sebuah misteri dan tak satu pun yang tahu secara personal siapa jodoh kita.

Akan tetapi, jika ditelaah lebih dalam, jodoh kita ternyata sangat dekat dengan kita. Percaya atau tidak, coba kita sama-sama renungkan beberapa hal berikut ini. Hal ini akan menunjukkan kepada kita ternyata jodoh kita adalah orang yang dekat dan memiliki kesamaan dengan kita. Baca lebih lanjut

Harga Mati untuk Kriteria Jodoh Anda?

Lucu banget waktu ngedengrin orang mengenang masa lalunya sebelum ia memiliki pasangan. Mereka bercerita tentang kriteria pasangan yang diinginkannya saat menikah nanti. Yang aneh, rata-rata dari mereka pada akhirnya menikah dengan orang yang sama sekali tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan, bahkan bertolak belakang. Semua yang saya ceritakan adalah nyata..

“Saya ingin menikah dengan orang kaya”, terang salah seorang wanita cantik.. Kenyataannya, ia kini menikah dengan lelaki sederhana.. Baca lebih lanjut

Memohon Jodoh di Bulan Ramadhan

Sobat, ketika kerinduan melihat, menyentuh dan bersenda gurau dengan jodoh yang tak kunjung datang masih berlanjut di bulan penuh kekhusuan ini… Hingga sosoknya selalu terbayang-bayang dalam setiap lamunan dan mimpimu. Maka bersabarlah… Saya yakin penantian Anda yang penuh kesabaran dan penderitaan itu akan terasa nikmat ketika Anda membawanya dalam aktivitas ibadah di bulan yang suci ini.

Ramadhan adalah momen yang tepat bagi Anda untuk mengadu kepada Allah.. mengiba, mengharap, dan mengakui bahwa Allah-lah Sang Pemilik Cinta… Hanya dengan kekuasaan, kebesaran dan kasih sayang-Nya kepada kita, jodoh itu akan datang… Sekaligus, ini adalah momen bagi kita untuk bertaubat dan mengakui segala kesalahan yang bisa jadi penyebab penghambat jodoh yang selama ini telah dirindukan. Baca lebih lanjut

Nggak Nikah Sebelum Sukses

Belum nikah karena belum sukses. Mungkin ini menjadi prinsip yang banyak dianut oleh banyak orang. Mereka sudah cukup umur, bahkan sudah melewati, namun masih belum berani memutuskan untuk menikah. Diantara mereka juga sudah ada yang punya calon istri, tapi masih juga belum berani menikah. Alasannya satu: belum sukses!

Bercita-cita untuk sukses secara materi itu tidak salah. Tapi kesuksesan tersebut tidak ada hubungannya dengan pernikahan. Kita mesti hati-hati dengan pandangan sukses dahulu sebelum nikah. Banyak sekali yang beranggapan seperti itu yang kemudian berakhir dengan tragis. Setelah bertahun-tahun mencari kesuksesan, ternyata hal itu tak datang sesuai harapan. Di sisi lain, umur semakin tua. Diakhir cerita, gigit jari meratapi nasib: sukses secara materi tidak, menikah pun tidak jadi. Baca lebih lanjut

Pemberi Harapan Palsu (PHP)

Tau nggak sobat, sekarang ini marak sekali yang namanya aktivis PHP alias Pemberi Harapan Palsu. Mereka dikenal sebagai petualang cinta. Mereka ahli memainkan kata-kata cinta dan membius siapa saja yang menjadi korbannya.

Di tangan mereka, cinta bukan lagi sesuatu yang sakral. Ketika mereka bilang cinta, saat itulah mereka mencoba memangsa kamu. Mereka berusaha memenuhi hasrat dan nafsunya yang sedang membuncah. Ketika ia sudah puas dan mendapatkan apa yang diinginkan, engkau akan segera dicampakannya. Dengan dalih cinta, mereka bermaksud untuk menyakiti dan menghancurkan harkat dan kehormatan manusia. Baca lebih lanjut

Buah tak jauh dari Pohonnya

Siapa yang gak pengen dapet jodoh yang terbaik. Semua orang mendambakannya. Sebelumnya saya telah membahas bebet, bibit, bobot sebagai kriteria mencari jodoh. Satu hal yang menjadi pertimbangan memilih jodoh adalah dari mana ia berasal atau dari kerunan yang mana? Pepatah lama mengatakan, “Buah tak akan jatuh jauh dari pohonnya”. Mungkin ada benarnya, karena biasanya seseorang ngikutin kebiasaan orang tuanya, termasuk kebiasaan buruknya. Baca lebih lanjut

Wajah Mirip Jodoh?

Ada yang tanya, benarkah kalau jodoh kita itu memiliki wajah mirip dengan kita? Kalau menurut kamu gimana?

Untuk menjawab ini saya ingin sedikit cerita. Suatu hari, percaya atau tidak, Malik bin Dinar melihat seekor burung gagak dapat hinggap bersama merpati. Setelah kedua burung itu terbang, tampaklah bahwa keduanya sama-sama pincang kakinya. Lalu Malik bin Dinar berkata, “Karena sama-sama pincang, keduanya menjadi intim”. Baca lebih lanjut

Pasanganmu, Pakaianmu

“Mereka meruapakan pakaian bagimu dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka” (QS Al-baqarah 187).

Jika demikian adanya, pasanganmu yang melindungimu dari kedinginan dan memberi kehangatan. Ia pun mampu menutupi dari segala aib, menjaga kehormatan dan menjaga nama baikmu. Namun, ia bukanlah pakaian yang dengan mudah kau gantikan, kau buang dan digantikan dengan yang baru, karena ia pakaian seumur hidupmu (mudah-mudahan).

Jadikanlah pasangan sebagai pakaian pada saat menjelang tidur, saat berkumpul bersama keluarga, saat senggama, sebagaimana pakaian yang kau kenakan. Mereka itu sebagai tempat istirahat dan tempat bernaung.

Bersyukurlah Allah Karunikan Jodoh

Bersyukurlah setelah engkau mendapatkan pasangan, karena betapa banyak orang yang menginginkannya namun tak kunjung datang. Bersyukur pulalah bahwa nikmat berpasangan, Allah berikan sebagai penawar atas kerasnya kehidupan. Suami menjadi simbol kekuatan dan perlindungan bagi istri dari segala macam ancaman. Sang Istri pun harus menjadi penyejuk hati suami setelah seharian berjuang mencari nafkah dan penghidupan.

Akan tetapi, masih ada sekelompok orang yang menghina dan melecehkan perkawinan atau pura-pura menyesalinya. Bahkan, ada juga diantara mereka yang menghabiskan hari-harinya dengan bercengkrama dan ngobrol bersama teman-teman begadangnya dan melupakan istri di rumah. Baca lebih lanjut

BIBIT, BEBET, BOBOT

Sobat pasti udah kenal dengan istilah jawa tersebut. BIBIT, BEBET, BOBOT, merupakan ketiga istilah yang digunakan orang tua (terutama jawa) sebagai kriteria dalam memilih pasangan hidup.

BIBIT artinya adalah, berasal dari keluarga seperti apa calon pasangan kita. Apakah dari keluarga baik-baik atau penjahat? Nah, kalo berasal dari keluarga bajingan, dipastikan orang tua kita tidak akan menyetujui hubungi kamu dengannya walau kamu udah cinta mati sama doi. Orang tua ingin menantunya berasal dari keluarga baik-baik dan terhormat. Baca lebih lanjut

Doa Setelah Akad Nikah

doa setelah akad nikahSetelah akad nikah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menuntunkan kepada para suami, ketika mereka menikahi seorang wanita, setelah akad nikah hendaklah mereka memegang ubun-ubunnya, membaca basmalah, mendoakan keberkahan dan seraya berucap doa berikut: Baca lebih lanjut

Dampak Pernikahan Dini

Sebelumnya saya udah bahas hukum pernikahan dini secara syariat atau hukum agama. Nah, gimana kalo sekarang kita bahas pernikahan dini secara realita? Apakah pernikahan dini berdampak buruk?

Untuk memahami apa efek nikah muda, patut dipahami 4 dimensi seksualitas dalam pernikahan :

Dimensi Prokreasi, yang bertujuan menghasilkan keturunan untuk generasi penerus yang sehat jiwa dan raga. Secara biologis, ketika baligh manusia sudah bisa melahirkan anak dengan sehat. Nenek saya sendiri nikah saat berumur 12 tahun. Tapi heran, anak yang terlahir pun sehat-sehat. Baca lebih lanjut

Apa Sebaiknya Kita Nikah Sekarang?

Sebelum diskusi lebih lanjut, mari kita jujur pada hati nurani kita. Tanyakan kepada dirimu apakah seringkali engkau dapati sepinya hidup sendiri? Jika kerinduan-kerinduan halus tentang hadirnya seorang pendamping sering engkau rasakan, sementara di saat-saat lain engkau dilanda kegelisahan atas kesendirianmu, ini telah cukup sebagai tanda bahwa engkau sudah saatnya mempersiapkan diri untuk menikah. Jangan bohongi bisikan nuranimu dengan mengatakan, “kalau kita memang aman dari godaan syahwat kan gak apa-apa menunda nikah.” Baca lebih lanjut

Doa yang Dilarang Saat Pernikahan

doa yang dilarang dalam pernikahanDoa yang dilarang saat pernikahan – Ketika menghadiri pernikahan sahabatnya, mungkin di antara kita ada yang masih mengucapkan “Selamat berbagia, semoga murah rizki dan banyak anak.” Atau,mungkin ucapan-ucapan selamat lainnya.

Sahabat TJ yang dirahmati Allah, ternyata mengucapkan hal tersebut dilarang oleh agama kita. Hukumnya adalah makruh. Hal ini diceritakan dalam sebuah hadist sebagai berikut:Dari Al-Hasan, pada waktu pernikahan ‘Aqil bin Abi Thalib nikah dengan seorang wanita dari Jasyam, para tamu mengucapkan selamat dengan ucapan jahiliyah yaitu, “Birafa’ Wal Banin” (semoga mempelai murah rezeki dan banyak anak). Baca lebih lanjut

Mencari Jodoh di Facebook: Beli Kucing dalam Karung?

Sobat TJ mungkin udah tahu kabar berita yang lagi hangat tentang pasangan Umar dan Icha akhir-akhir ini. Malangnya Umar karena sang istri (Icha) yang dinikahinya selama enam bulan tersebut ternyata seorang pria! Ck ck ck.. koq bisa?

Iya itulah, Umar pun gak sangka kalo akhirnya seperti ini. Rupanya, Umar pun merasa tertipu dan salah ketika ia berkenalan Icha lewat Facebook. Umar gak teliti dan merasa yakin hanya dengan melihat foto dan data-data di akun Facebook Icha.. Baca lebih lanjut

Cara Membujuk Orang Tua agar Dinikahkan

Ada yang bertanya… seorang ukhti..
Calon ana itu pengennya nikah, dan hati ana pun berkata pengen nikah secepatnya. Pengen kami, sudah siap lebaran ini, tp kenyatannya keluarga gak siap. Calon ana dah kerja,ana msh kuliah tinggal 3 smstr lg, dan ana harus jelaskan apa biar ortu mau nikahkan ana walau secara sederhana. Ana pengen secepatnya halal bagi calon ana. Sedangkan ortu ingin 1,5 thn lagi. Tolong nasehatnya.

Ukhti yg dirahmati Allah, alhamdulillah selangkah lagi ukhti bisa melengkapi separuh agama. Apalagi calonnya udah kerja. mudah-mudahan bisa dipercepat. Mungkin yang jadi persoalan buat ukhti adalah menjaga diri di masa-masa penantian yang relatif lama (1,5 thn). Siapa yg menjamin bahwa ukhti bisa selamat terhadap fitnah dalam jangka waktu tersebut. Maka para ulama menganjurkan agar masa pinangan ke masa pernikahan jangan terlalu lama. Khawatir terjadi fitnah. Baca lebih lanjut

Jodoh Anang Hermansyah

Lah koq Tabir Jodoh jadi infotainment? Hehe. Selingan doank… mudah-mudahan tulisan ini ada ibroh di dalamnya, kalo gak ada juga gpp, yang penting aku lagi pengen nulis ini. Maksa…… huhu

Sapa sangka, ternyata Anang harus berpisah dengan Krisdayanti alias KD. Kini, tepatnya 25 Maret 2011, KD telah menikah kembali dengan lelaki lain, Raul Lemos. Padahal KD sudah menjalin rumah tangga sekian lama dengan Anang dan telah dikaruniai dua anak bersama keduanya. Dengan besar hati, Anang menghadiri pernikahan mantan istrinya itu dan menyanyikan lagu dengan judul: Jodohku. Baca lebih lanjut

Menikah Muda Sambil Kuliah Menurut Pandangan Islam

Menikah saat kuliah – “Memilih Kuliah atau nikah ya? Atau nikah sambil kuliah? Hmm… trs gimana donk, sementara aku belum punya penghasilan…? Kalo pun ada, kerja masih serabutan. Selama ini keperluan kuliah aja masih tergantung orang tua… Tapi AKU GA TAHAN PENGEN NIKAH….! Apa yang harus aku lakukan?”

Mungkin saja diantara kita ada yang hatinya menjerit-jerit demikian. Bingung, mau curhat juga malu.. So, aku coba posting tulisan ini yang berkaitan dengan hukum menikah dini (pelajar termasuk di dalamnya). Dengan mengetahui hukumnya, mudah-mudahan kita bisa memprioritaskan apa yang terlebih dahulu kita lakukan. Apa hukum pernikahan dini? Apakah wajib, sunah, mubah /boleh, makruh, ataukah haram? Yuk, mari kita simak…! Baca lebih lanjut

Rasa Cinta dan Pernikahan

Rasa ini sensasinya hanya bisa dialami oleh mereka yang udah nikah. Bukan maksud untuk manas-manasin lho.. ini sekedar sharing… Tulisan ini pernah aku tulis, tapi ada pengeditan dikit, abisnya agak-agak lebay gitu seh.. ^_^

Sebelum nikah…

Sering orang ngebayangin calon jodoh yang akan mendampinginya. Kadang, perasaan itu begitu kuat. Tak bisa terbendung walau udah puasa daud (puasanya terusin aja ampe pagi, hehe.. bisa-bisa di opname donk ^_^). Ya gitu deh, perasaan gelisah akan terus muncul selama hasrat dan kebutuhan itu belum terpenuhi. Baca lebih lanjut

Tujuan Pernikahan

Sebelumnya gue udah posting sebuah tulisan seputar tujuan pacaran. Kali ini gue akan coba mengupas seputar tujuan pernikahan dan sedikit memaparkan fenomena masyarakat yang cenderung takut untuk nikah. Kemudian, apa perbedaan dan persamaan nikah dengan pacaran? Yuk, coba kita bahas!

Nikah dan pacaran sebenernya sama dari sisi pemenuhan kebutuhan. Kebutuhan apa? Yaitu kebutuhan memenuhi dahaga sebuah naluri (ghorizah). Naluri ini sebut saja ghorizah nau (naluri seksual), yaitu naluri untuk mencita dan dicinta, naluri untuk mempertahankan keturunan atau naluri ketertarikan terhadap lawan jenis. Baik pacaran maupun nikah sebenernya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Baca lebih lanjut

Pikiran Kotor Cowok terhadap Pacarnya

Judul tersebut gue ambil dari sebuah search keyword pembaca blog Tabir Jodoh yang datang dari search engine mbah google. Mungkin itu orang pengen tahu tentang bagaimana otak mesum pacarnya. Lalu gue pikir mungkin banyak orang yang ingin tau kira-kira seperti apa seh, pikiran kotor cowok terhadap pacarnya?

Ya gitu deh, akhirnya gue coba kupas tentang hal ini dengan mengambil informasi dari berbagai sumber. Mudah-mudahan tulisan ini gak menyudutkan kalian ya, wahai para cowok! Gue juga kan cowok, hehe. Baca lebih lanjut

Cinta Tak Harus Memiliki

Cinta Tak Harus Memiliki, Kaya judul lagu Es Teh Dua Gelas… Eh, ST12, hihi.. Kira-kira apa yang terbayang ketika Anda mendengar pernyataan seperti judul di atas? Sedih, pilu, merana atau patah hati karena ditinggal pacar? Biasanya sih, ungkapan so’ bijak itu berasal dari seseorang yang sedang menghibur diri untuk melupakan cinta yang telah pergi. Tinggallah kini seorang diri meratapi nasib. Untuk menghibur diri, keluarlah ungkapan, “Cinta Tak Harus Memiliki”. Ck ck ck.. Cinta deritanya tiada akhir (Kata Pat Kay).

Kalo udah menderita begini, mendadak deh jadi puitis terus berujar, “Cinta itu sakit, tapi aku ingin tetap sakit”. Prikitiw..! hihi. Mau-maunya menderita terus. Itu tandanya udah frustasi dan harus segera mendapatkan P3KC (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Cinta). Masukin dech ke panti rehabilitas. Emangnya pecandu narkoba, hihi. Baca lebih lanjut

Adakah yang Setia

Adakah yang setia? Disadari atau gak, kesetiaan terhadap pasangan menjadi hal sulit di zaman ini. Perselingkuhan semakin gampang dilakuin. Misal, dengan sahabat sendiri pun orang bisa selingkuh, kemudian dikenalah istilah TTM (Temen Tapi Mesum). Istilah SETIA pun dipelesetin jadi SETIAP TIKUNGAN ADA (kaya tukang ojek aja, hehe) atau ada yang ngemaknai SETIA sebagai SELINGKUH TIADA AKHIR, SEMAKIN TIDAK CINTA, SENENGNYA TITIP ASMARA, de el el.

Apalagi dengan makin berkembangnya dunia online, orang semakin gampang cari selingkuhan. Banyak cerita pasangan cerai gara-gara punya selingkuhan di facebook. Forum-forum atau biro jodoh pun tak jarang menjadi sasaran cowok-cowok nakal cari selingkuhan. Baca lebih lanjut

Cari Jodoh Online, Waspadalah!

Makin pesatnya perkembangan internet akhir-akhir ini memicu anak-anak muda menggunakan internet sebagai sarana buat cari jodoh. Biasanya mereka cari-cari calon pasangan lewat chating, facebook, twitter dan situs jejaring sosial lainnya. Di dunia maya orang cenderung lebih luwes dan bebas mengekspresikan segala perasaannya tanpa harus diselimuti rasa malu. Makanya, peminat cari jodoh lewat dunia maya makin membludak.

Namun demikian, mencari cinta via dunia maya ternyata banyak mengandung resiko. Banyak contoh kasus kejahatan yang terjadi di dunia maya akibat yang namanya CINTA. Mulai dari pemerkosaan, penculikan, cybersex dan lain sebagainya. Baca lebih lanjut

7 Hal yang Diinginkan Wanita dari Pria

Bila Anda wanita yang ingin memiliki hubungan yang baik dengan pasangan, Anda perlu tahu apa yang seorang pria inginkan dari wanita. Apa saja?

Bagi seorang muslim, wanita shalehah masih menjadi sosok yang diidamkannya. Wanita shalehah….. Ia merupakan sosok makhluk lembut yang menjadi idaman bagi setiap muslim yang shaleh. Karena pada dirinya terdapatperhiasan terindah di dunia ini sebagaimana disinyalir oleh Sang pembawa kabar gembira Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya: “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalahwanita shalehah”.

Selain shalehah, berikut adalah tujuh hal penting yang sebaiknya dilakukan oleh seorang wanita untuk membahagiakan pasangannya.

1. Pria ingin memiliki wanita yang percaya diri
Seorang wanita yang memiliki kepercayaan diri, akan membuat seorang pria tergila-gila. Wanita yang memancarkan keyakinan dengan apa yang dilakukannya, akan mendapatkan perhatian lebih dari pria. Baca lebih lanjut

Keuntungan Pacaran.

Menurut Anda, apa untungnya pacaran? Mungkin jawabannya sangat beragam tergantung dari pemahaman dan kepentingan masing-masing.

Ini dia beberapa pendapat mereka…

Ada yang berpendapat, “Pacaran itu keuntungannya kita bisa berbagi suka maupun duka terhadap pasangan yang kita suka.”

Ada juga yang bilang, “Nda ada keuntungannya tuch, walaupun kata orang dengan pacaran kita bisa mengenal cowo kita lebih baik. Tapi setelah kita menikah dengan dia toh masih banyak sikap en perilaku buruknya yang belum kita ketahui. Nah, apakah itu ada manfaatnya. Gw rasa nda ada, malah nambah perzinaan za”. Baca lebih lanjut

Tips kenalan, Mencari Jodoh

“Siapa gerangan jodohku? Dimanakah ia? Apa yang harus dilakukan untuk menemukannya? Bisa gak ya, 5-10 tahun ke depan, aku udah punya istri yang cantik atau suami yang gagah beserta anak yang lucu-lucu. Oh.. so sweet! Kapan ya, mimpi ini jadi kenyataan?!”

Gitu dech kira-kira hayalan jomblowan en jomblowati… (Sok tau gw. Wk wk wk..)

Jadi inget kata-kata ustadz, “dari pada thulul amal (sibuk berangan-angan, berkhayal, tanpa usaha nyata), lebih baik ikhtiar”.  Ok dech pak ustadz! Ini saya coba saya tuliskan tips en trik mudah-mudahan bermanfaat buat para pembaca dan penulis dalam pengembaraannya mencari cinta…

Eits, penulis ‘kan udah ada yang punya, mau cari yang kedua ya? Wk wk wk.. Gak koq, just kidding… I love her so much. Semoga Allah menyatukan kami dunia akhirat. Amin Allahumma amin.

Balik lagi ke bahasan… Tips yang akan coba saya gelar disini adalah tips berkenalan. Tapi tips ini khusus untuk yang serius ingin menggaet jodoh. Kalo tujuannya untuk sekedar cari pacar, lebih baik ke laut aja deh! (Ke laut, mau cari ikan ya bang? hehe). Iyalah, dari pada bikin dosa lebih baik jadi nelayan, wk wk wk… Wah, udah mulai kagak nyambung nih! Langsung aja, Ini dia tipsnya.. Yuk, tarik mang..!

 PERTAMA, Tentukan target! Sebelum kenalan, Anda harus punya obyek yang akan menjadi target… Penentuan target ini gak boleh sembarangan. Ia adalah calon pendamping hidupmu. Rasanya gak layak kalo kita langsung shoot on target orang-orang yang baru kita kenal di angkot, mall, apalagi di bioskop or klub malam… Cari bibit yang bagus di tempat yang bagus pula, misalnya, di pengajian umum, organisasi dakwah, organisasi profesi dan keahlian, forum-forum diskusi atau bahkan di milis. Kalo sekarang mungkin lewat facebook or twitter juga bisa dicoba. Tapi hati-hati, di dunia maya banyak ular berbisa.. hehe. Walau demikian, ada juga koq yang baik-baik. Tentukan kriteria calon target, namun Islam telah menjadikan faktor agama sebagai kriteria utama…

KEDUA, Kenali target melalui berbagai media! Pastikan dalam prosesnya tidak melanggar hukum syara! Jangan maen samber aja dan mendekatinya dengan liar sambil nanya, misalnya… “Halo, pak kabar Shinta (sksd)?” Apalagi kalo pura-pura bego, misalnya  “Jika boleh tau jam berapa ya?”,  “Punya bolpoint?”, “Apa ini sapu tangan Anda?” (padahal sapu tangannya sendiri, hihi)… en cara-cara kuno lain yang berpotensi melanggar hukum syara. Selain itu, dengan cara itu, ketahuan deh belangnya kita. Dia akan tahu bahwa Anda sedang memainkan trik dan itu kerjaan playboy. Kalo menurut para ustadz, proses kenalan ini istilahnya adalah ta’aruf. Dalam ta’aruf, Anda bisa mengumpulkan data calon target melalui teman-teman dekat, keluarga, gurunya atau siapa saja yang mempunyai informasi tentang dia.. Atau Anda telah mengenalnya dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam kegiatan organisasi, sebagai teman kuliah, teman kerja, dll. Pastikan ia belum punya calon pendamping. Kemudian, setelah mantap dengan sang target, ikuti langkah kedua agar cinta Anda tidak bertepuk sebelah tangan! 

KETIGA, Gilran Anda, kenalkan strong point milikmu! Ada benarnya pepatah, “tak kenal maka tak sayang”. Anda sudah mengenalnya dan kemudian muncul rasa kagum en sayang.Sebaliknya, ia belum kenal Anda, bagaimana mungkin ia akan kagum dan mau dengan Anda? Walau demikian, Anda tidak boleh terlampau kagum dan berharap banget kalo dia bakal jadi pasangan Anda. Khawatir patah hati nantinya… Anggap aja lagi mancing, dapet or tidak, Anda harus ikhlas. Cara memancing cintanya, buatlah ia kenal dengan strong point Anda terlebih dahulu untuk membuka pintu hatinya. Walau bagaimana, kesan pertama begitu menggoda… Jika kagum dan cinta sudah tumbuh, ia akan berusaha menerima kekurangan Anda. Tapi sebaliknya, jika ia kenal kekurangan Anda terlebih dahulu, maka kecil kemungkinan kagum dan rasa cinta itu tiba. Padahal, menerima kekurangan adalah hal yang mutlak karena tidak ada manusia yang sempurna. Strong point tersebut adalah hal-hal positif yang Anda miliki. Misalnya, Anda cerdas dan berprestasi, Anda keibuan, Anda sholeh or sholehah, Anda Bijaksana, Anda Penyayang dan gak pelit, Anda dewasa dan bisa akrab dengan keluarga, Anda bisa dimintai pendapat,  dll.  Prinsipnya, Anda harus jujur, tidak boleh dibuat-buat apalagi kalo sampe sombong dan ujub… diawali dengan mengutarakan niat serius Anda ingin menjadikannya pendamping hidup. Misalnya, layangkan sebuah surat kepadanya… (Tips membuat surat mengutarakan niat dan memaparkan strong point Anda akan dibahas secara terpisah).

KEEMPAT, Banyak berdoa diwaktu-watu mustajab seperti setelah shalat 5 waktu, dhuha, tahajud, dll. Karena rumus kesuksesan mencari jodoh adalah NIAT dikali IKHTIAR dikali DOA. Jika salah satunya nol, maka pencarian jodoh Anda tidak akan berhasil. 

Valentine’s Day: Perusak Jodoh Anda!

Hai hai… pasti gak asing lagi ‘kan dengan yang namanya Valentine’s Day. Itu loh, hari yang menurut banyak orang sebagai hari untuk mengekspresikan cinta… Mungkin beberapa orang dari pembaca belum lama ini telah merayakannya ya? hehe… koq nuduh sih?!

Terus, apa yang salah dengan V-Day? Dan apa bener hari tersebut bisa merusak jodoh kita sebagaimana dikatakan oleh judul di atas?

Waduh… Hm… baiklah kita buka dikit tabir jodohnya.. eh tabirnya..

Kalo kita perhatiin, maraknya perayaan v-day di negeri ini belum lama deh. Sebelum tahun  tahun 2000-an, ketika saya masih remaja, belum ada tuh yang ngerayaan v-day kaya sekarang. Hm.. mungkin saya kurang gaul kali.. hehe. Baca lebih lanjut

5 Hal yang Diinginkan Wanita pada Pria

Ada banyak yang diinginkan wanita terhadap pria, namun ada 4 hal yang sangat diinginkan wanita pada pria, yaitu:

Pertama, Wanita ingin pria yang kuat. Kuat bukan berarti dari fisik, namun kuat secara mental (termasuk akidahnya), memiliki visi dan cita-cita yang kuat, mampu melindungi, kuat memimpin, kuat karena punya jawaban yang lebih smart dari si wanita. Orang yang kuat tidak hanya banyak bicara dan menunjukkan kekuatannya melalui perbuatan dan hasil positif dari perbuatannya tersebut.

Kedua, pria yang bijak tidak menggunakan egonya melainkan keluasan ilmu dan kasih sayangnya. Dia tidak membela diri, jika dia salah akan minta maaf. Baca lebih lanjut