Nikah Muda, Kenapa Tidak?


menikah mudaLho koq
menikah muda? Ya, ini pilihan sih. Tapi, kalau sudah siap sejak muda, ngapain nunggu lama-lama untuk menikah. Kisaran nikah muda itu di usia 22-25 tahun. Biasanya 22 tahun itu usia lulus kuliah. Jika mempersiapkan diri dengan baik saat kuliah, insya Allah kamu telah siap untuk menikah. Kalau belum siap di usia 22 tahun, bolehlah di usia 23-25 tahun. Karena, Nabi Muhammad saw., menikah saat usia 25 tahun. Baca tulisan lain: Hukum Menikah Muda.

Banyak keuntungan menikah muda. Tetapi, tentu saja dengan catatan yang bersangkutan sudah mempersiapkan diri dengan baik. Beberapa keuntungan menikah mudah diantaranya; Baca lebih lanjut

Nggak Nikah Sebelum Sukses

Belum nikah karena belum sukses. Mungkin ini menjadi prinsip yang banyak dianut oleh banyak orang. Mereka sudah cukup umur, bahkan sudah melewati, namun masih belum berani memutuskan untuk menikah. Diantara mereka juga sudah ada yang punya calon istri, tapi masih juga belum berani menikah. Alasannya satu: belum sukses!

Bercita-cita untuk sukses secara materi itu tidak salah. Tapi kesuksesan tersebut tidak ada hubungannya dengan pernikahan. Kita mesti hati-hati dengan pandangan sukses dahulu sebelum nikah. Banyak sekali yang beranggapan seperti itu yang kemudian berakhir dengan tragis. Setelah bertahun-tahun mencari kesuksesan, ternyata hal itu tak datang sesuai harapan. Di sisi lain, umur semakin tua. Diakhir cerita, gigit jari meratapi nasib: sukses secara materi tidak, menikah pun tidak jadi. Baca lebih lanjut

Dampak Pernikahan Dini

Sebelumnya saya udah bahas hukum pernikahan dini secara syariat atau hukum agama. Nah, gimana kalo sekarang kita bahas pernikahan dini secara realita? Apakah pernikahan dini berdampak buruk?

Untuk memahami apa efek nikah muda, patut dipahami 4 dimensi seksualitas dalam pernikahan :

Dimensi Prokreasi, yang bertujuan menghasilkan keturunan untuk generasi penerus yang sehat jiwa dan raga. Secara biologis, ketika baligh manusia sudah bisa melahirkan anak dengan sehat. Nenek saya sendiri nikah saat berumur 12 tahun. Tapi heran, anak yang terlahir pun sehat-sehat. Baca lebih lanjut

Apa Sebaiknya Kita Nikah Sekarang?

Sebelum diskusi lebih lanjut, mari kita jujur pada hati nurani kita. Tanyakan kepada dirimu apakah seringkali engkau dapati sepinya hidup sendiri? Jika kerinduan-kerinduan halus tentang hadirnya seorang pendamping sering engkau rasakan, sementara di saat-saat lain engkau dilanda kegelisahan atas kesendirianmu, ini telah cukup sebagai tanda bahwa engkau sudah saatnya mempersiapkan diri untuk menikah. Jangan bohongi bisikan nuranimu dengan mengatakan, “kalau kita memang aman dari godaan syahwat kan gak apa-apa menunda nikah.” Baca lebih lanjut

Menikah Muda Sambil Kuliah Menurut Pandangan Islam

Menikah saat kuliah – “Memilih Kuliah atau nikah ya? Atau nikah sambil kuliah? Hmm… trs gimana donk, sementara aku belum punya penghasilan…? Kalo pun ada, kerja masih serabutan. Selama ini keperluan kuliah aja masih tergantung orang tua… Tapi AKU GA TAHAN PENGEN NIKAH….! Apa yang harus aku lakukan?”

Mungkin saja diantara kita ada yang hatinya menjerit-jerit demikian. Bingung, mau curhat juga malu.. So, aku coba posting tulisan ini yang berkaitan dengan hukum menikah dini (pelajar termasuk di dalamnya). Dengan mengetahui hukumnya, mudah-mudahan kita bisa memprioritaskan apa yang terlebih dahulu kita lakukan. Apa hukum pernikahan dini? Apakah wajib, sunah, mubah /boleh, makruh, ataukah haram? Yuk, mari kita simak…! Baca lebih lanjut