Taaruf Yuk!

arti dan taarufApa itu taaruf? simak aja dulu tulisan ini sampai tuntas, entar juga ngerti😀. Jika kamu sedang mencari jodoh dan sudah menemukan perempuan yang cocok untuk dijadikan pasangan hidup, jangan malah nyatain cinta dan pacaran, sob! Nggak bener itu. Terus gimana dong? Jalan yang bener adalah taaruf. Taaruf adalah proses mengenal calon pasangan yang akan kita nikahi. Namun, jangan disalahartikan makna taaruf ini. Kamu ngobrol dengan dia tanpa didampingi mahramnya. Apalagi kalau sambil jalan-jalan berdua. Ini taaruf yang keliru.

taaruf yang bener itu kamu datang ke rumah si perempuan. Pastikan dia didampingi orangtuanya. Lalu, kamu liat dia secara jelas. Kamu boleh ajukan pertanyaan-pertanyaan kepada orangtuanya seputar dia. Silahkan kamu gali informasi tentang dia yang perlu kamu ketahui. Pada tahap ini tentu saja kamu minta si dia untuk masuk agar kamu tidak sungkan untuk bertanya ini dan itu kepada orangtuanya.

Sebaliknya, kamu juga harus memberikan informasi yang dibutuhkan oleh keluarga si dia. Mungkin juga mereka akan bertanya seputar kemampuan kamu menafkahi putrinya. Kamu mesti jawab dengan jujur. Jawab apa adanya, jangan dilebih-lebihkan. Karena kamu sendiri nanti yang repot. kamu akan sibuk mencari alasan untuk menutupi hal tidak benar yang kamu sampaikan.

Selain itu, coba pikirkan, kamu berniat baik untuk taaruf yang mungkin nantinya akan berlanjut melamar dan akhirnya menikah. namun, pada saat taaruf kamu jangan menyampaikan kebohongan, misalnya tentang penghasilan kamu agar nantinya lamaran diterima. Bagaimana bisa proses selanjutnya (melamar dan menikah) akan berjalan lancar dan penuh keberkahan jika diawali dengan kebohongan.

kamu pikirkan juga bagaimana perasaan istri kamu nanti saat sudah menikah., ketika mengetahui apa yang sudah kamu sampaikan terkait penghasilan ternyata adalah sebuah kebohongan. Kamu mau ngomong apa coba? Makanya, jujur aja. Setiap orang menyukai orang yang jujur, termasuk si dia dan orang tuanya. Mereka lebih menyukai kamu mengatakan apa adanya.

Jadi, apa yang ditanyakan oleh orang tua si dia, kamu jawab saja dengan jujur. insya Allah ini akan jauh lebih baik. Yakinlah bahwa jujur itu membawa kepada kebaikan, dan kebaikan membawa ke surga. Rasulullah saw., sudah mengingatkan hal ini,

“Sungguh jujur itu membawa pada kebenaran, dan kebenaran itu membawa kepada surga. Sebaliknya dusta itu menyeret kepada keburukan, dan keburukan itu membawa kepada neraka.” (HR Bukhori dan Muslim).

Ketika kamu mengawali taaruf yang baik ini dengan kejujuran, insya Allah selanjutnya akan diberikan kemudahan dan keberkahan. kalaupun kamu tidak jadi melamar si dia karena ada sesuatu yang kurang cocok pada saat taaruf, tidak masalah. semoga masing-masing kamu di kemudian hari menemukan pasangan hidup yang lebih tepat. Tidak ada yang sia-sia jika semuanya dilakukan mengikuti aturan Allah dan Rasul-Nya. Insya Allah semuanya akan berbuah pada kebaikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s