Tips kenalan, Mencari Jodoh

“Siapa gerangan jodohku? Dimanakah ia? Apa yang harus dilakukan untuk menemukannya? Bisa gak ya, 5-10 tahun ke depan, aku udah punya istri yang cantik atau suami yang gagah beserta anak yang lucu-lucu. Oh.. so sweet! Kapan ya, mimpi ini jadi kenyataan?!”

Gitu dech kira-kira hayalan jomblowan en jomblowati… (Sok tau gw. Wk wk wk..)

Jadi inget kata-kata ustadz, “dari pada thulul amal (sibuk berangan-angan, berkhayal, tanpa usaha nyata), lebih baik ikhtiar”.  Ok dech pak ustadz! Ini saya coba saya tuliskan tips en trik mudah-mudahan bermanfaat buat para pembaca dan penulis dalam pengembaraannya mencari cinta…

Eits, penulis ‘kan udah ada yang punya, mau cari yang kedua ya? Wk wk wk.. Gak koq, just kidding… I love her so much. Semoga Allah menyatukan kami dunia akhirat. Amin Allahumma amin.

Balik lagi ke bahasan… Tips yang akan coba saya gelar disini adalah tips berkenalan. Tapi tips ini khusus untuk yang serius ingin menggaet jodoh. Kalo tujuannya untuk sekedar cari pacar, lebih baik ke laut aja deh! (Ke laut, mau cari ikan ya bang? hehe). Iyalah, dari pada bikin dosa lebih baik jadi nelayan, wk wk wk… Wah, udah mulai kagak nyambung nih! Langsung aja, Ini dia tipsnya.. Yuk, tarik mang..!

 PERTAMA, Tentukan target! Sebelum kenalan, Anda harus punya obyek yang akan menjadi target… Penentuan target ini gak boleh sembarangan. Ia adalah calon pendamping hidupmu. Rasanya gak layak kalo kita langsung shoot on target orang-orang yang baru kita kenal di angkot, mall, apalagi di bioskop or klub malam… Cari bibit yang bagus di tempat yang bagus pula, misalnya, di pengajian umum, organisasi dakwah, organisasi profesi dan keahlian, forum-forum diskusi atau bahkan di milis. Kalo sekarang mungkin lewat facebook or twitter juga bisa dicoba. Tapi hati-hati, di dunia maya banyak ular berbisa.. hehe. Walau demikian, ada juga koq yang baik-baik. Tentukan kriteria calon target, namun Islam telah menjadikan faktor agama sebagai kriteria utama…

KEDUA, Kenali target melalui berbagai media! Pastikan dalam prosesnya tidak melanggar hukum syara! Jangan maen samber aja dan mendekatinya dengan liar sambil nanya, misalnya… “Halo, pak kabar Shinta (sksd)?” Apalagi kalo pura-pura bego, misalnya  “Jika boleh tau jam berapa ya?”,  “Punya bolpoint?”, “Apa ini sapu tangan Anda?” (padahal sapu tangannya sendiri, hihi)… en cara-cara kuno lain yang berpotensi melanggar hukum syara. Selain itu, dengan cara itu, ketahuan deh belangnya kita. Dia akan tahu bahwa Anda sedang memainkan trik dan itu kerjaan playboy. Kalo menurut para ustadz, proses kenalan ini istilahnya adalah ta’aruf. Dalam ta’aruf, Anda bisa mengumpulkan data calon target melalui teman-teman dekat, keluarga, gurunya atau siapa saja yang mempunyai informasi tentang dia.. Atau Anda telah mengenalnya dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam kegiatan organisasi, sebagai teman kuliah, teman kerja, dll. Pastikan ia belum punya calon pendamping. Kemudian, setelah mantap dengan sang target, ikuti langkah kedua agar cinta Anda tidak bertepuk sebelah tangan! 

KETIGA, Gilran Anda, kenalkan strong point milikmu! Ada benarnya pepatah, “tak kenal maka tak sayang”. Anda sudah mengenalnya dan kemudian muncul rasa kagum en sayang.Sebaliknya, ia belum kenal Anda, bagaimana mungkin ia akan kagum dan mau dengan Anda? Walau demikian, Anda tidak boleh terlampau kagum dan berharap banget kalo dia bakal jadi pasangan Anda. Khawatir patah hati nantinya… Anggap aja lagi mancing, dapet or tidak, Anda harus ikhlas. Cara memancing cintanya, buatlah ia kenal dengan strong point Anda terlebih dahulu untuk membuka pintu hatinya. Walau bagaimana, kesan pertama begitu menggoda… Jika kagum dan cinta sudah tumbuh, ia akan berusaha menerima kekurangan Anda. Tapi sebaliknya, jika ia kenal kekurangan Anda terlebih dahulu, maka kecil kemungkinan kagum dan rasa cinta itu tiba. Padahal, menerima kekurangan adalah hal yang mutlak karena tidak ada manusia yang sempurna. Strong point tersebut adalah hal-hal positif yang Anda miliki. Misalnya, Anda cerdas dan berprestasi, Anda keibuan, Anda sholeh or sholehah, Anda Bijaksana, Anda Penyayang dan gak pelit, Anda dewasa dan bisa akrab dengan keluarga, Anda bisa dimintai pendapat,  dll.  Prinsipnya, Anda harus jujur, tidak boleh dibuat-buat apalagi kalo sampe sombong dan ujub… diawali dengan mengutarakan niat serius Anda ingin menjadikannya pendamping hidup. Misalnya, layangkan sebuah surat kepadanya… (Tips membuat surat mengutarakan niat dan memaparkan strong point Anda akan dibahas secara terpisah).

KEEMPAT, Banyak berdoa diwaktu-watu mustajab seperti setelah shalat 5 waktu, dhuha, tahajud, dll. Karena rumus kesuksesan mencari jodoh adalah NIAT dikali IKHTIAR dikali DOA. Jika salah satunya nol, maka pencarian jodoh Anda tidak akan berhasil. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s